Informasi Bahan

Informasi Bahan Pakaian

Berikut adalah informasi bahan (kain) untuk produk garmen/konveksi

Bahan Kaos

Bahan Kaos

Pada dasarnya, bahan kaos adalah bahan yang dibuat menggunakan teknik rajutan yaitu benang dirajut sedemikian rupa sehingga menjadi kain yang agak sedikit elastis dan dapat menyusut sesuai dengan jenis bahannya. bahan kaos sendiri dapat dibedakan berdasarkan jenis rajutan dan komposisi bahan penyusunnya. Adapun penggunaannya, bahan kaos bisa dibuat menjadi kaos oblong, kaos berkerah atau bahkan jaket. Untuk lebih jelasnya berikut paparan masing-masing jenis bahan kaos :

Cotton Combed

Cotton Combed adalah bahan yang paling umum digunakan untuk kaos oblong yang berkualitas baik. Bahan cotton combed terbuat dari 100% cotton yaitu serat kapas dan melalui proses penyisiran / penghalusan serat, sehingga karekteristik bahan menjadi halus, tidak berbulu, lembut dan nyaman dipakai, menyerap keringat, dan tingkat susutnya sangat kecil.

Cotton Cardet

Cotton carded terbuat dari katun yang sama seperti cotton combed. Bedanya adalah cotton carded ini tidak melalui proses penyisiran sehinggan permukaan bahan tidak sehalus dan selembut catton combed. Namun karateristik cotton carded ini tetap menyerap keringat, nyaman.

Teteron Cotton (TC)

TC adalah salah satu bahan yang cukup sering digunakan untuk membuat kaos, khususnya bagi Anda yang ingin membuat kaos dengan budget terbatas. TC merupakan campuran dari Teteron + Cotton, jadi bukan 100% cotton. Rasionya bisa berbeda-beda, yang umum ditemukan adalah 35% teteron dan 65% cotton. Semakin besar rasio teteronnya, maka kain akan semakin panas. Ini adalah karakteristik dari bahan kaos TC.

Polyester (PE)

PE adalah bahan kaos yang lebih murah lagi dibandingkan ketiga bahan diatas. PE terbuat dari polyester/plastik dan banyak digunakan untuk kaos promosi. Karakteristiknya adalah bahan ini kurang menyerap keringat, keras dan panas saat dikenakan.

Bahan Polo Shirt

Bahan Polo Shirt

Lacoste/Cotton Pique

Ini adalah bahan yang banyak digunakan untuk membuat polo shirt / kaos kerah. Rata-rata Lacoste Pique berbahan 100% katun dan memiliki serat lebih rapat daripada Lacoste CVC. Karakteristiknya adalah bahan ini lembut, nyaman, dan pori-porinya besar. Bahan ini sangat cocok untuk design yang menggunakan bordir.

Lacoste CVC

Lacoste CVC kain ini dibuat dari campuran cotton combed dan viscose dengan perbandingan 55% cotton combed sementara sisanya 45% viscose. CVC sendiri adalah campuran cotton dan polyester. Kombinasi serat cotton yang berdaya serap tinggi dan serat polyester yang kuat dapat menghasilkan bahan kain yang memiliki kemiripan sifat dengan keduanya yaitu sama-sama kuat dan memilki daya serap yang tinggi pula.
Karakteristik Kain Lacoste CVC:

  • Kain lacos CVC memiliki tingkat susut pola (shrinkage) yang lebih kecil dari bahan cotton.
  • Karakteristik bahannya cenderung lembut dan halus sehingga akan terasa nyaman saat dikenakan.
  • Kain ini memiliki daya serap keringat yang cukup baik.
  • Bagus untuk membuat kaos polo. Sebanding dengan kualitas bahannya, kain lacos CVC ini memang sedikit lebih mahal dari kain Lacoste PE (Polyester).
  • Lacoste PE

    Lacoste PE terbuat dari bahan polyester. Karakteristiknya agak kasar dan sedikit panas.
    Namun dengan teknologi dan teknik rajutan terbaru bahan Lacoste PE menjadi lebih lembut dan tidak panas dipakai, karena memiliki pori-pori yang membantu sirkulasi udara yang cukup baik.

    Lacoste PE biasanya digunakan untuk produk poloshirt dengan harga yang relatif murah atau budget rendah, namun tetap berkarakter elegan dan nyaman dipakai. Misal untuk poloshirt family gathering, outing perusahaan, seragam event dan lainnya.

    Anda Perlu Informasi Perihal Bahan?

    Silahkan kontak Layanan Pelanggan kami dengan mengklik tombol dibawah ini pada smartphone Anda

    WA CSO
    Maps