Perbandingan Sablon Manual Dan Sablon Digital

Perbandingan Sablon Manual Dan Sablon Digital

Sablon manual vs sablon digital. Dalam memberikan sablon kepada baju ada salah satu metode yaitu printing baju hadir sebagai pengganti sablon manual. Cara yang praktis dan cepat dibandingkan dengan sablon manual yang memerlukan waktu yang lama.

Namun metode sablon manual dan sablon digital masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan baik dari segi kualitas sablon, mari kita simak penjelasannya

sablon manual

Perbedaan Sablon Manual Dan Sablon Digital

Dalam membuat kaos custom antara sablon digital dan manual memiliki perbedaan dalam metode untuk mengaplkasikan tinta ke mdia cetak yaitu kaos. Perbedaan perlu dikenali untuk menjaid pertimbangan saat memiliki sablon yang paling baik dengan kebutuhan serta harapan.

1. Segi Biaya

Dalam segi biaya untuk mengsablon kaos dari kedua jenis sablon tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. jenis yang sama, pada sablon manual untuk 1 buah kaos lebih mahal dibandingkan dengan sablon digital.

sablon digital

Maka untuk menghemat biaya sablon di kaos, sablon digital lebih di unggul dan dalam pengerjaan lebih cepat, kelemehana kaos yang dicetak sablon manual yaitu Anda harus tetap membeli tinta yang jumlahnya hampir sama untuk kaos maupun beberapa kaos lainnya.

Sedangkan untuk sablon digital, pengerjaan 1 buah atau lebih kaos bisa dikerjakan waktu yang relatif cepat, meskipun peralatan dan pelengkapan yang dibutuhkan seperti membeli printer komputer dan biaya pemeliharaan peralatan yang lebih mahal.

2. Luas Area Sablon

Luas area sablon yang bisa disablon pada sablon digital lebih terbatas bila dibandingkan dengan sablon manual, tergantung dari mesin printer yang diguanakan, baik itu jenis printer sublim atau printer DTG

Sedangkan sablon manual yang luas screen mencapai 40 x 50cm yang cukup bisa diandalkan untuk menyablon desain dengan area yang luas. Jika sebelum dijahit menjadi baju kaos dan desain sudah dicetak. maka bisa dikatakan tidak ada batasan dalam penggunaan sablon manual.

3. Kompleksitas Sablon

bila dilihat dari sisi kompleksitas sablon yaitu perbedaan sablon manual dan digital, bisa dikatakan relatif sangat bergantung kebutuhan Anda. Dari segi para ahli mereka yang mengerjakan kdua metode sablon tersebut.

Hampir seluruh desain yang tidak ada yang bisa dilakukan sablon manual kecuali jika Anda ingin mencetak foto pada kaos.

4. Bahan Kaos

segi bahan kaos bisa dipakai pada sablon manual lebih fleksibel dan bisa menyablon pada jenis bahan apapun dari tipe tinta yang dipakai. Tetapi untuk sablon digital hasil yang paling baik yaitu memakai bahan kaos 100% katun combed

5. Kualitas Warna Sablon

Secara umum, hasil cetakan dari sablon digital memiliki tingkat ketebaln tinta yang lebih tipis dibandingkan sablon manual. tingkat ketebalan sablon manual bisa diatur oleh tenaga ahli sablon. biasa warna sablon kaos manual akan terlihat lebih terang dan tebal dibandingkan warna sablon kaos digital yang tipis

6. Daya Tahan

Perbedaan sablon manual dan sablon digital memiliki daya tahan, faktor sering menjadi pertimbangan ada diskusi terkait jenis sablon yang baik, Sablon digital memiliki daya tahan lebih lama, namun secara umum sablon manual atau digital sama baik namun tergantung pengerjaannya yang dilakukan. bila dikerjakan oleh profesional akan menghasilkan daya tahan sablon yang baik.

Metode Sablon Manual

Kelebihan:

  1. Pengerjaan dilkukan dengan teknk timbul atau busa
  2. Warna sablon bisa tidak mudah pudar atau dapat bertahan lebih lama
  3. Jika pemesanan dalam jumlah atau massal, maka biaya pengeluaran yang dibutuhkan jauh lebih murah.

Kekurangan:

  1. proses pengerjaannya, sablon metode manual terbilang cukup lama, karena proses pembuatan film afdruk terlebih dahulu yang harus dilakukan kemudian penyamblonan, penjemuran dan ragam kegiatan lainnya.
  2. Jika hasil cetakan yang dimiliki, sablon dengan metode manual ini tidak cocok untuk jenis gambar berwarna atau kaos custom foto
  3. Saat dicuci hasil sablon manual bisa menunjukkan tampilan gambar yang retak
  4. Proses pembuatan cukup rumit dan memakan waktu lama.

Metode Sablon Printing Digital

Kelebihan:

  1. Berbeda dengan metode sebelumnya, untuk kegiatan Printing bajudengan alat yang satu ini umumnya memberikan hasil warna yang lebih bervariasi.
  2. Sablon dari gambar atau foto bisa dilakukan warnanya lebih beragam
  3. Waktu pengerjaan terbilang cepat tidak memakan waktu yang lama
  4. Pembuatan baju dengan jumlah satuan dan tidak terbatas jumlahnya
  5. Proses printing yang dilakukan lebih cepat mengering dan proses pengepressan yang terbantu oleh alat press digital

Kekurangan:

  1. Gambar atau foto yang digunakan umumnya lebih cepat pudar
  2. Tidak smeua bahan atau kain pakaian bisa cocok di sablon digital
  3. Harga terjangkau dan terbilang mahal sesuai harga kertas transfer serta pemakaian mesin digital printing

Itulah perbandingan antara sablon kaos manual dan sablon kaos digital, bila Anda ingin membuat kaos custom bisa langsung pesan lewat kaospoloshirt.com